TABLE OF CONTENTS MS.
WORD
LARGE, SMALL MAX DAN
MIN MS. EXCEL
Dosen Pengampu :Ferry Heryadi
Semester : IV.B
Disusun oleh: kelompok 1. Arfika
Falennsi
2. Marlinda
3. Susteria
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-QUR’AN
AL-ITTIFAQIAH (STITQI)
INDRALAYA
OGAN ILIR SUMATERA SELATAN
TAHUN AKADEMIK 2017
Membuat
Daftar Isi dengan Menggunakan Table of Content Daftar isi digunakan untuk
mempercepat pencarian dokumen dan juga untuk mengetahui secara garis besar yang
terdapat pada dokumen. Mungkin anda sudah pernah membuat daftar isi dengan
menggunakan tabs, nah pada tutorial kali ini saya akan membahas membuat daftar
isi dengan menggunakan table of content. keunggulannya, dengan menggunakan
table of content akan menghemat waktu karena kita tidak perlu mengetik daftar
isi akan tetapi kita harus mempunyai contoh makalah, skripsi atau tugas akhir
terlebih dahulu. Sebelum membuat daftar isi kita seleksi terlebih dahulu isi
teks pada makalah, skripsi atau tugas akhir yang akan dibuat daftar isi.[1]
Berikut
penjelasannya :
1. Langkah 1
Setiap makalah, skripsi, ataupun tugas akhir pasti mempunyai
judul (BAB I, BAB II dsb), sub judul (1.1. atau A. dsb), sub sub judul (1.1.1
atau a. dsb)
Setiap Judul dijadikan Level 1
Sub Judul dijadikan level 2
Sub sub judul dijadikan level 3
Adapun langkah-langkah pembuatannya
adalah sebagai berikut :
· Seleksi teks terlebih dahulu
· Aktifkan tab reference
· Klik tombol Add teks lalu klik tombol level
1 sehingga teks yang diseleksi akan dijadikan BAB
Membuat Level dalam Table of Content
2. Langkah 2
·
Untuk membuat sub judul, seleksi teks yang dimaksud
·
Kemudian lakukan hal yang sama seperti langkah diatas, lalu
klik tombol level 2
Membuat Level dalam Table of Content
3. Langkah 3
Untuk membuat sub judul yang
lainnya, ikuti langkah yang sama seperti langkah diatas lalu klik tombol level 3.
·
Jika sudah selesai melakukan seleksi terhadap judul dan sub
judul, letakkan kursor pada area yang kosong untuk membuat daftar isi
·
Pada tab reference,
klik tombol table of contents
·
Lalu klik tombol automatic
table 1
Kotak Dialog Table of Content
Maka bab dan sub bab yang telah
diberi level akan membuat daftar isi secara otomatis. Dan hasilnya akan seperti
gambar dibawah ini :
Tampilan Daftar Isi dengan
menggunakan Table of Content[2]
Ket :
·
Untuk menambahkan level baru pada daftar isi, anda bisa
lakukan dengan mengklik kanan pada daftar isi, lalu pilih update field, klik update entire table, maka judul, sub
bab atau sub sub bab baru akan muncul.
·
Sedangkan untuk memperbaharui halaman, anda bisa lakukan
dengan mengklik kanan pada daftar isi, lalu pilih update field, klik update
page number only, maka halaman baru akan diperbaharui.
B.
Membuat
Daftar Tabel
Membuat Daftar Gambar Untuk membuat daftar
gambar langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
·
Masuk ke halaman
pengeditan daftar isi laporan pada Microsoft Word. Setelah itu pilih menu References.
·
Langkah selanjutnya
adalah membuat caption pada tiap gambar yang akan dibuat daftar
gambarnya. Pada menu Captions silahkan klik Insert Caption. Klik
tombol New Label untuk membuat label baru.
·
Setelah label baru
dibuat pilih judul gambar yang akan dibuat daftar gambarnya. Taruh kursor di
antara judul gambar lalu klik Insert Caption.
·
Pilih label yang
dimaksud lalu klik OK.
Pada saat membuat caption format
penulisan akan berubah. Tapi jangan khawatir, kita dapat memformatnya kembali
setelah menambahkan caption. Pada tutorial ini saya menamakan label dengan
"Gambar 4", karena gambar yang akan ditambahkan berada di bab 4. Jadi
disesuaikan dengan bab-nya, karena dibelakang caption gambar akan
ditambahkan nomor bertambah
nilanya, pada contoh di atas caption menjadi "Gambar 4 1"
karena itu adalah gambar pertama pada bab 4. Pemformatan judul gambar dapat
dilakukan setelah menambahkan caption. Pada caption di atas
"Gambar 4 1" dapat diedit menjadi "Gambar 4.1" dengan tanpa
menghapus nomor caption.
·
Hal yang perlu
diperhatikan adalah jangan menghapus nomor
caption. Jika hal tersebut dilakukan maka judul gambar tidak akan
ditampilkan di daftar gambar.
·
Untuk menampilkan
hasilnya, pertama pilih halaman kosong untuk daftar gambar. Lalu pada menu Captions
silahkan klik Insert Table of Figures. Hasilnya akan seperti berikut
ini: Membuat Daftar Tabel Langkah-langkah untuk membuat daftar tabel sama
dengan pembuatan daftar
1.1.Tabel
Nilai Siswa
NO.
|
Nama
|
Nilai
|
1.
|
Aril
|
765
|
2.
|
Andi
|
780
|
3.
|
Anies
|
756
|
4.
|
Wanda
|
766
|
5.
|
Dudi
|
776
|
6.
|
Dani
|
789
|
7.
|
Fatih
|
734
|
C.
Ms. Excel Small, Large Max Dan Min
Max
dan Min yaitu digunakan untuk mencari data
nilai Max (paling besar) dan Min (paling kecil). Selanjutnya pada kesempatan
ini admin akan membahas bagaimana jika kita ingin mencari data paling besar dan
paling kecil tapi diurutan ke 2, 3, 4 dst. Rumus yang kita gunakan yaitu rumus
Excel Large dan Small.
Dalam mencari nilai terbesar dan
terkecil beserta urutannya ialah dengan menggunakan Rumus Excel Large dan
Small. Jika dibandingkan dengan fungsi MAX dan MIN, tentu ada bedanya. Fungsi
MAX dan MIN hanya bisa untuk mencari nilai paling besar dan nilai paling kecil.
Lalu, fungsi LARGE dan SMALL dapat mengurutkan angka-angka baik mulai dari
nilai tertinggi maupun dari nilai terendah sesuai yang diinginkan.
Misalnya, seorang guru yang ingin
mencari peringkat 1 sampai 30 dalam satu kelas. Bila menggunakan cara manual,
bisa saja terjadi kekeliruan karena tidak teliti. Namun, dengan menggunakan
fungsi LARGE dan SMALL, urutan siswa yang mendapat peringkat satu sampai
terakhir dapat diketahui dalam waktu yang cepat dan ketelitiannya tidak
diragukan lagi.
Gunakanlah fungsi LARGE jika kamu
ingin mendapatkan data dari yang tertinggi sampai terendah secara urut.
Kemudian, jika ingin mengurutkan nilai terendah sampai tertinggi, maka gunakan
fungsi SMALL. [3]
Fungsi LARGE dan SMALL cukup mudah dalam
mengunakannya. Berikut ini
cara
penulisannya:
·
=SMALL(array,k), fungsi ini untuk mencari nilai kecil
·
=LARGE(array,k), fungsi ini untuk mencari nilai besar
Keterangan fungsi yaitu:
Array : diisi dengan sel yang berisi
rentang data yang ingin dicari. Baik ingin
mencari nilai urutan terbesar ke
sekian atau urutan terkecil ke sekian.
K : urutan ke sekian terbesar atau
terkecil dari data yang ingin dicari. Misalkan
pada Large,
·
jika k = 1 artinya urutan terbesar ke-1,
·
jika k = 2 artinya terbesar ke
Sedangkan
pada SMALL misalkan jika k = 4 artinya terkecil ke 4.
Berikut
ini cara penggunaan fungsi SMALL dan LARGE yang bisa kamu perhatikan:
·
Anggap saja gambar berikut ini merupakan data yang ingin
dicari urutannya
Gambar di atas merupakan data-data
nama siswa yang akan dicari peringkat 1 sampai 5 berdasarkan jumlah nilai yang
diraih.
1. Setelah itu, letakkan kursor pada H4
agar hasilnya muncul pada sel tersebut. Kemudian tulis fungsi =LARGE($C$4:$C$12;1),
tekan enter. Maka akan muncul jumlah angka yang terbesar. Anda juga dapat
menggantikan nilai k dengan Row()-3 dimana Row() di sini akan menghasilkan
posisi baris di mana Rumus Excel Large diletakkan. Misal rumus Row() di
letakkan baris ke-4 kolom H. Jika kita ketik =Row() di H4 maka akan
menghasilkan nilai 4. Cara seperti ini akan memudahkan jika kita ingin menarik
rumus ini sampai baris selanjutnya. Jadi rumus dapat ditulis ulang menjadi
sebagai berikut =LARGE($C$4:$C$12;Row()-3). Kita kurangi Row() dengan 3 agar
urutan dimulai dari urutan 1 karena Row() ini awalnya berada pada posisi baris
ke-4.
2. Ulangi lagi dengan menempatkan
kursor pada H5 dan tulis fungsi seperti di atas. Maka nilai terbesar ke 2 akan
muncul. Ulangi hal yang sama pada beberapa sel sesuai dengan yang kamu
butuhkan. Anda juga dapat langsung menarik rumus di atasnya sampai dengan baris
ke-11. Hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.
Gambar di atas menunjukkan bahwa
jumlah dari terbesar sampai terkecil secara urut. Dengan begitu, peringkat 1
diraih oleh Dani. Peringkat 2 diraih oleh Andi dan seterusnya.
Untuk menggunakan fungsi SMALL juga
sama dengan cara penggunaan fungsi LARGE. Bentuk fungsi tersebut yaitu
=SMALL($C$4:$C$12;1). C4 dan C12 merupakan nilai pada sel yang akan diurutkan.
Ketika menggunakan fungsi tersebut, silahkan sesuaikan dengan nama sel di mana
data tersebut berada.
Demikianlah pembahasan mengenai cara
menggunakan Rumus Excel Large dan SMALL untuk mencari urutan nilai terbesar
atau terkecil. [4]
table-of-content/Pada
tanggal 16 Maret 2017. Pukul: 10:02 WIB
[2]di
akses dari https://adgliveinfo.wordpress.com/2013/04/15/membuat-table-of-content-table-of-figure-list-of-table/
pada tanggal 16 Maret 2017. Pukul: 10:15 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar